Preview Belgia Vs Inggris: Demi Medali Perunggu Dan Sepatu Emas

Belgia Vs Inggris

Belgia dalam kondisi sedikit lebih siap ketimbang Inggris jelang duel perebutan medali perunggu Piala Dunia 2018. Laga ini juga akan diwarnai balapan terakhir perburuan Sepatu Emas antara Romelu Lukaku dan Harry Kane.

Tak ada kabar cedera dari kubu Roberto Martinez jelang duel Belgia vs Inggris. Sementara tiga pemain Three Lions mengalami sedikit gangguan cedera meski hanya ringan. Ketiganya adalah Kyle Walker, Kieran Tripier dan Jordan Henderson yang tampil starter di semifinal lawan Kroasia. Kondisi tiga pemain cedera Inggris mirip dengan Jamie Vardy di laga semifinal, tak 100% fit namun tetap berpeluang tampil.

Gareth Southgate maupun Roberto Martinez telah mengisyaratkan perubahan dalam Starting XI meski tak drastis. Meski secara taktik, tak ada perubahan signifikan yang akan terlihat.

KOMENTAR PELATIH

Roberto Martinez

Roberto Martinez

Akan ada beberapa muka baru, tapi saya pikir tugas mereka tetap sama. Taktik permainan pun akan sama, tidak ada rahasia di antara dua tim.”

“Mereka adalah tim yang bisa mencetak sembilan gol dari situasi bola mati dan ini akan menjadi ujian yang bagus bagi kami. Kami membutuhkan konsentrasi penuh. Kami ingin menang.”

Gareth Southgate

Gareth Southgate

Starting XI tidak akan sama persis, namun idealnya kami ingin membuat perubahan sesedikit mungkin. Dengan satu atau dua pemain cedera, satu atau dua yang sakit, kita akan lihat.”

“Tapi kami memiliki motivasi tinggi untuk tampil, kami memiliki peluang untuk memenangkan medali di Piala Dunia, yang hanya pernah dimenangkan satu tim Inggris lainnya.”

FAKTA STATISTIK BELGIA VS INGGRIS

Sepanjang penampilan Piala Dunia 2018, Belgia selalu tampil ofensif termasuk saat kalah di laga semifinal kontra Prancis. Sementara Inggris lebih fleksibel dan menahan diri ketika bertemu tim kuat apalagi jika bisa unggul duluan seperti ditunjukkan di laga kontra Kroasia di semifinal.

Meski Belgia lebih ofensif, karakter aliran bola kedua tim tak berbeda jauh. Inggris juga lebih banyak memainkan umpan-umpan pendek sama seperti Belgia. Namun persentase umpan panjang Inggris yang lebih tinggi dari Belgia bisa menjadi gambaran pendekatan permainan kedua tim yang sedikit berbeda.

Pun demikian dengan perbedaan tipe gol yang dicetak. Seperti disinggung oleh Martinez, Inggris di Piala Dunia 2018 adalah jago bola mati. Enam dari 12 gol dicetak beasal dari skema set piece. Bahkan jumlahnya sembilan jika tiga penalti mereka dimasukkan dalam kategori “bola mati”. Sehingga Belgia harus membuat pelanggaran atau situasi sepak pojok sesedikit mungkin untuk menurunkan kadar bahaya bola mati Inggris.

Di kubu Belgia, gol lebih banyak tercipta dari bangunan serangan permainan mereka alias openplay. Jumlah gol openplay mereka mencapai 50%, tujuh dari total 14 gol. Tiga gola lain juga dari serangan balik bukan dari skema bola mati. Jadi Inggris juga harus hati-hati dalam mengantisipasi serangan-serangan kejutan cepat dari Eden Hazard dkk.

nusabet188

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *